Sabtu, 15 Oktober 2016

Problem Software


MASALAH SOFTWARE

        Industri perangkat lunak sebagian besar tertarik untuk mengembangkan industri software, dan bidang rekayasa perangkat lunak yang berfokus pada bagaimana membuat sistem. Artinya, masalah domain untuk rekayasa perangkat lunak adalah industrial software. Di akhir buku, ketika kami menggunakan software, yang kami maksud perangkat lunak industri. Dalam bab ini, kita akan belajar:
-   Bahwa kulitas, biaya dan jadwal adalah kekuatan utama yang mendorong  industrial project perangkat lunak.
-     Bagaimana biaya dan produktivitas didefinisikan dan diukur untuk project tersebut, dan bagaimana kualitas dari software akan ditandai dan diukur.
-   Bahwa skala besar dan perubahan adalah atribut penting dari domain masalah dan pendekatan solusi harus menangani mereka.
1.1         Biaya, Jadwal dan Kualitas
        Meskipun kebutuhan  kualitas tinggi membedakan software industri dari yang lain, biaya dan jadwal yang menjadi kekuatan pendorong utama lainnya untuk perangkat lunak tersebut. Dalam kekuatan industri domain software, ada tiga kekuatan yang dasar yaitu biaya, jadwal, dan kualitas. Perangkat lunak ini harus diproduksi dengan biaya murah, diwaktu yang wajar, dan harus berkualitas baik.
         Software industri  sangat mahal karena faktanya bahwa pengembangan perangkat lunak sangat rumit. Untuk mendapatkan ide dari biaya yang terlibat, kita bisa perhatikan keadaannya saat praktik di industri.  Baris kode (LOC) atau ribuan baris kode (KLOC) yang paling umum digunakan ukuran ukuran software di industri. Produktivitas di industri perangkat lunak,  untuk menulis kode umumnya berkisar dari beberapa ratus hingga sekitar 1000 LOC per bulan. Jadwal merupakan faktor penting dalam banyak project. Untuk software ini berarti perlu dikembangkan lebih cepat, dan dalam waktu yang ditentukan.
        Untuk software ini berarti perlu dikembangkan lebih cepat, dalam jangka waktu yang ditentukan. Pembangunan adalah tujuan utama dari rekayasa perangkat lunak. Produktivitas dalam hal Output (KLOC) per bulan dapat memadai biaya dan schedule. Jika produktivitas lebih tinggi, itu harus jelas bahwa biaya dari orang akan lebih rendah (pekerjaan yang sama kini dapat dilakukan dengan lebih sedikit per bulan).
        Selain biaya dan jadwal, faktor utama lainnya tentang software adalah kualitas. Hal ini, kualitas adalah salah satu pokok utama, dan bisnis strategi yang dirancang sesuai dengan prosedur yang ada. Sayangnya, sejumlah kasus besar telah terjadi mengenai tidak dapat diandalkan perangkat lunak. perangkat lunak sering tidak melakukan apa yang seharusnya dilakukan atau melakukan sesuatu tidak seharusnya dilakukan. Mengembangkan perangkat lunak yang berkualitas tinggi adalah tujuan dasar dari gudang rekayasa perangkat lunak. sementara biaya umumnya dipahami, konsep kualitas dalam konteks perangkat lunak perlu penjelasan lebih lanjut. Standar internasional tentang kualitas produk software menunjukkan bahwa kualitas perangkat lunak terdiri dari enam atribut utama. 


Atribut dapat didefinisikan sebagai berikut:
-       Functionality,  kemampuan untuk menyediakan fungsi untuk memenuhi kebutuhan yang software gunakan.
-          Reability,  kemampuan untuk memperbaiki kegagalan.
-          Usability, kemampuan untuk dipahami, dipelajari, dan digunakan.
-     Efficiency, kemampuan untuk memberikan kinerja yang relatif dan tepat untuk jumlah sumber daya yang digunakan.
-    Maintainability., kemampuan untuk memodifikasi keperluan membuat perbaikan atau adaptasi.
-      Portability, kemampuan untuk menyesuaikan dengan lingkungan tertentu yang berbeda tanpa menerapkan tindakan selain yang disediakan untuk tujuan dalam produk.
        Tujuan kualitas adalah untuk mengurangi jumlah bug per KLOC sebanyak mungkin. Untuk menentukan kualitas dari produk software, kita perlu menentukan jumlah bug dalam perangkat lunak yang akan disampaikan. Jumlah ini jelas tidak diketahui pada waktu pengiriman dan mungkin tidak akan pernah diketahui. Ini berarti kualitas yang disampaikan software hanya dapat ditentukan 6 bulan setelah pengiriman. Perlu dijelaskan jika menggunakan definisi kualitas, apa yang cacat pada sebuah software harus didefinisikan secara jelas. Sebuah cacat bisa menjadi masalah dalam perangkat lunak yang menyebabkan software crash atau menjadi masalah yang menyebabkan output menjadi tidak benar, salah mengeja beberapa kata, dll. Selain kehandalan, atribut kualitas lain yang sangat menarik adalah pemelihara kemampuan. Pemeliharaan diperlukan untuk mengubah perangkat lunak yang dikirimkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan lingkungan, yang mengarah ke pemeliharaan adaptif. Selama sistem perangkat lunak hidup, biaya pemeliharaan dapat jauh melebihi biaya pengembangan asli. Karena biaya yang tinggi ini, atribut maintainability yang disampaikan software harus menarik dan jelas untuk memiliki sistem perangkat lunak yang lebih mudah untuk mempertahankan.

1.2         Skala dan Perubahan
       Kebanyakan sistem perangkat lunak industri cenderung besar dan kompleks, membutuhkan puluhan ribu baris kode. Seperti yang diharapkan, pengembangan sistem besar membutuhkan satu set yang berbeda dari metode pengembangan sistem kecil, seperti metode yang digunakan untuk mengembangkan sistem yang kecil sering tidak meningkatkan ke sistem yang besar. Sebuah contoh yang akan menggambarkan hal ini. Mempertimbangkan masalah, menghitung orang di sebuah ruangan dan membandingkannya dengan mengambil sensus suatu negara. Keduanya dasarnya sama-sama menghitung masalah. Namun metode yang digunakan untuk menghitung orang di sebuah ruangan akan tidak bekerja.
        Setiap project software melibatkan penggunaan teknik dan management project. Dalam project kecil, metode informal bagi pengembangan dan pengelolaan dapat digunakan. Namun, untuk project-project besar harus jauh lebih ketat seperti yang diilustrasikan pada Gambar 1.2. Dengan kata lain, untuk berhasil melaksanakan proyek, sebuah metode yang tepat untuk rekayasa sistem harus bekerja dan proyek telah dikelola ketat untuk memastikan biaya yang, jadwal, dan kualitas tetap dapat terkontrol. Skala besar adalah karakteristik kunci dari domain masalah dan pendekatan solusi yang harus menggunakan alat dan teknik yang memiliki kemampuan untuk membangun sistem perangkat lunak besar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar